PERAWATAN BERKALA MOBIL HONDA
PENDAHULUAN
Mobil merupakan sarana
transportasi yang seringkali digunakan oleh kita untuk melindungi dari panas dan hujan. Sarana transportasi
yang memudahkan manusia untuk pergi kemana saja dengan bantuan mesin ini merupakan
suatu hal yang perlu dirawat dan dijaga kebugaran mesin mobil tersebut.
Pada hakikatnya kerusakan mesin
merupakan akibat kurangnya perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil.
Sehingga banyak kasus kecelakaan yang tidak jarang akibat kelalaian manusia
dalam menjaga dan merawat mesin mobil mereka mulai dari Rem blong, kopling
mobil, mesin mobil, suspensi mobil, ban dan lain sebagainya.
Perawatan berkala dilaksanakan
untuk menjaga ketahanan dan ketangguhan kendaraan Honda. Perawatan berkala juga berdampak menurunkan beban biaya
perawatan dan perbaikan kendaraan. Bawalah
selalu kendaraan anda ke dealer resmi Honda untuk pelaksanaan perawatan berkala
sesuai standar setelah mencapai batas waktu perawatan berkala yang ditentukan.
Honda memberikan Free Service
perawatan berkala sampai pada batas waktu biasanya hingga 20000 km atau batas 1
tahun mana yang terlebih dahulu melampaui, dimana ongkos kerja tidak dikenakan
biaya sedangkan ongkos fluida (oli mesin, oli transmisi, minyak rem) dikenakan
biaya.
Gb. 1 ketentuan servis berkala
Selain perawatan berkala, anda
kendaraan honda sebagai pemilikberkewajiban melaksanakan pengecekan berkala
demi performa dan kebaikan , seperti:
1. Pemeriksaan
Oli Mesin
-
Angkat dipstick dan bersihkan oli yang menempel
pada bagian bawah.
*dipstick adalah alat ukur ketinggian level oli yang disediakan setiap kendaraan, warna dipstick cerah dan mencolok.
*dipstick adalah alat ukur ketinggian level oli yang disediakan setiap kendaraan, warna dipstick cerah dan mencolok.
-
Pasang kembali distick ke posisi semula sampai
posisi paling bawah. Kemudian angkat kembali dipstick dan periksa ketinggian
oli yang menempel harus berada pada level min dan max. Tambahkan oli jika level
oli berada di bawah tanda min. Periksa kondisi oli mesin
* Segera ganti oli Anda jika sudah mengalami perubahan warna (hitam = penggunaan terlalu lama, pekat /putih susu = oli terkontaminasi)
* Segera ganti oli Anda jika sudah mengalami perubahan warna (hitam = penggunaan terlalu lama, pekat /putih susu = oli terkontaminasi)
-
Periksa kebocoran oli mesin apakah ada tanda
basah oli pada sekitar mesin. Periksa sekitar lantai apakah terdapat tetesan
oli. Lakukan pemeriksaan segera ke bengkel jika ditemukan kebocoran oli.
Gb. 2 dipstick/ colokan oli
2. Pemeriksaan
Air Radiator (coolant)
-
Periksa
jumlah air radiator pada tangki cadangan. Jumlah air radiator harus berada pada
batas min dan max, tambahkan jika kurang.
-
Buka
tutup radiator dan periksa jumlah air radiator harus penuh, tambahkan jika
kurang (*jangan membuka tutup radiator pada saat kondisi mesin panas).
-
Periksa jumlah air radiator pada tangki cadangan.
Jumlah air radiator harus berada pada batas min dan max, tambahkan jika kurang.
-
Buka tutup radiator dan periksa jumlah air radiator
harus penuh, tambahkan jika kurang (*jangan membuka tutup radiator pada saat
kondisi mesin panas).
Gb. 3 revervoir air radiator
3.
Pemeriksaan Air Wiper
-
Buka tutup pengisian air wiper (tutup
tabung/tangki air bertanda khusus atau bertuliskan washer fluid only), isi
sampai penuh kemudian tutup kembali.
*untuk mencegah tersumbatnya
nozzle gunakan air murni/sulingan atau air wiper khusus.
* jika ada tambahkan cairan
pembersih wiper untuk memaksimalkan pembersihan kaca.
Gb.4 tutup reservoir air wiper
4.
Pemeriksaan Battery
-
Periksa konektor battery apakah terdapat karat,
bersihkan dan berikan sedikit grease untuk mencegah karat.
-
Gerakkan kabel battery untuk memeriksa kekencangan
konektor. Jika terdapat gerakan pada konektor kabel, kencangkan dengan
menggunakan kunci.
-
Periksa ketinggian level fluida battery harus berada
pada level min dan max. (level fluida tertera pada sisi samping battery),
penambahan fluida battery disesuaikan dengan spesifikasi masing-masing battery.
-
Periksa indicator battery jika dilengkapi. Keterangan
indicator tertera pada battery.
Gb. 5 Baterai
5.
Pemeriksaan Oli Rem
-
Periksa level oli rem pada reservoir harus berada
diantara min dan max. tambahkan jika kurang. Hati-hati jangan sampai oli rem
tumpah ke body kendaraan, bersihkan dengan air jika oli rem menetes pada body.
* jangan menambahkan oli rem
dengan merk dan spesikasi yang berbeda.
Periksa kebocoran minyak rem pada saluran rem.
Periksa kebocoran minyak rem pada saluran rem.
Gb.6 reservoir minyak rem
6.
Pemeriksaan Minyak Power Steering
-
Periksa level fluida power sterring pada tabung
reservoir harus diantara Min dan Max tambahkan jika kurang.
-
Periksa pompa power steering dan rack/batang penerus
steering ke roda dari tanda basah oli.
-
Periksa kondisi fluida power steering (* warna keemasan
= ok , warna gelap =ganti).
Gb. 7. Tabung reservoir fluida power
steering
7.
Pemeriksaan AC
-
Hidupkan mesin, kondisikan temperature max dingin dan
max blower. Buka jendela depan kanan dan kiri.
-
Periksa kipas pendingin condenser harus berputar,
kemudian periksa sign glass kondisi tidak boleh terdapat buih udara.
* Sign glass adalah kaca transparan yang terdapat pada pipa AC, untuk melihat refrigerant.
* Sign glass adalah kaca transparan yang terdapat pada pipa AC, untuk melihat refrigerant.
-
Periksa suhu hembusan angin pada kabin dengan tangan.
Gb. 8 panel AC dan kaca pengecek refrigrant
8.
Pemeriksaan Drive Belt
-
Drive belt adalah tali penggerak dari mesin untuk
memutar komponen tambahan antara lain pompa power steering, pompa air radiator,
alternator, dan compressor AC. Drive belt berada pada sisi samping mesin.
Periksa secara visual drive belt dari retak dan aus.>
Periksa secara visual drive belt dari retak dan aus.>
Gb.9 drivebelt
9.
Pemeriksaan Ban
-
Periksa ketebalan kembangan ban dengan melihat indicator
pada masing-masing ban.
-
Gunakan alat pengukur tekanan angin ban yang dijual
bebas di pasaran, ukur tekanan ban dan sesuaikan dengan spesifikasi tekanan
yang tertera pada pillar pintu sisi pengemudi.
-
Gb.10 cek tekanan angin sesuai dengan spesifikasi
PEMBAHASAN
Berikut ini kita bahas perawatan berkala dari mulai awal
pembelian, yaitu dari awal kilometer mobil 1000 km, 5000 km, 10000 km, 15000
km, 20000 km, 25000 km, 30000 km, dan seterusnya sesuai dengan kelipatan 5000
km atau batas waktu yang telah ditentukan yang tertera pada buku manual
kendaraan yang telah disertakan dalam pembelian untuk memenuhi persyaratan dan
prosedur mengenai proses penggantian dan garansi kendaraan Honda.
http://www.honda-indonesia.com/perawatan/pm-freed.jpg
Dari tabel perawatan berkala diatas dapat kita jabarkan
menjadi sebagai berikut:
A.
Perawatan
berkala 1000 km
Pemeriksaan
rutin perawatan mobil honda diawali dengan pemeriksaan pada kilometer kendaraan
mencapai 1000 km atau waktu umur kendaraan mencapai 1 bulan dari masa
pembelian. Pemilik diharuskan membawa kendaraan Honda menuju dealer resmi honda
untuk melakukan servis perawatan berkala 1000 km atau 1 bulan sesudah pembelian
agar dilakukan pengecekan mengenai performa kendaraan yang dimiliki oleh tenaga
ahli / teknisi yang sudah berpengalaman. Hal ini dimaksudkan juga agar sesuai
dengan buku petunjuk dan garansi yang dimiliki berlaku atau tidak hangus.
Pemeriksaan 1000 km yang dilakukan mencakup hal-hal sebagai
berikut:
1. Pemeriksaan
fluida-fluida diantaranya oli mesin, oli transmisi, minyak rem dan kopling, oli
power steering, air radiator, fungsi dan jumlah dari fluida tersebut apakah
sesuai? dan sistem yang dilewati fluida dipastikan aman dan tidak terjadi
kebocoran.
2. Pemeriksaan
kondisi baterai
3. Pemeriksaan
sistem kemudi dan steering
4. Pemeriksaan
dan pengencangan baut-baut bagian kolong kendaraan, sistem suspensi, dan
kaki-kaki kendaraan.
5. Pemeriksaan
tekanan angin ban sesuai dengan standar dan kondisi dari ban 4 roda.
6. Pemeriksaan
dan pembersihan saringan udara
7.
Pemeriksaan sistem idle kendaraan.
B.
Perawatan berkala
5000 km
Dalam
perawatan berkala mencapai 5000 km atau dalam jangka waktu pembelian 3 bulan kembali
di periksa kendaraan pada dealer resmi, perawatan yang dilakukan meliputi:
1. Penggantian
oli mesin kendaraan sessuai dengan yang dianjurkan menurut ketentuan dari
pabrik, yaitu olo mesin dengan SAE yang dianjurkan, contohnya: 10W30, 10W40,
5W30 dan sebagainya. Dan oli mesin diganti setiap pada kelipatan 5000 km, atau
dalam jangka waktu 3 bulan mana yang tercapai lebih dahulu..
2.
Pemeriksaan yang sama seperti item servis 1000 km
diatas mengenai pengecekan-pengecekan fluida, sistem steering , sistem kerja
rem, idle mesin dan sebagainya, dilakukan sesuai dengan prosedur perawatan.
C.
Perawatan
berkala 10000 km
Perawatan
10000 km dilakukan sesuai dengan kondisi jarak tempuh kendaraaan yaitu
disekitar 10000 km atau waktu yang dicapai yaitu 6 bulan setelah pembeliamn
kendaraan, yang mana dahulu yang telah tercapai. Dan perawatan yang dilakukan mencakup
sbb:
1. Pemeriksaan
sama seperti item servis berkala 1000 km.
2. Penggantian
oli mesin dan filter oli.
3. Penggantian
oli transmisi.
4. Pengecekan
dan pembersihan rem 4 roda serta fungsi rem. Disini pengecekan dan bersihkan
rem dilakukan setiap kelipatan 10000 km.
5.
Balancing dan spooring, dan rotasi ban menyilang,
dilakukan setiap kelipatan 10000 km
D.
Perawatan
berkala 15000 km
Item-item yang
dilakukan dalam kilometer mencapai 15000 km sama seperti perawatan pada
kilometer 5000 km , yaitu penggantian oli mesin kendaraan dan pengecekan baut
kolong, fluida dan minyak-miyak, air radiator, suspensi (sama seperti servis
1000 km). Dan dilakukan juga pada servis kelipatan 15000 km, 25000 km , 45000
km dan seterusnya.
E.
Perawatan
berkala 20000 km
Pada
perawatan 20000 km atau mencapai waktu 1 tahun kendaraan memakan waktu yang
lebih lama untuk perawatannya, item yang dilakukan lebih banyak yaitu meliputi:
1. Item
servis yang sama dengan perawatan 1000 km
2. Penggantian
oli mesin , oli filter, dan oli transmisi.
3. Pengecekan
rem 4 roda dan sistem kerja rem.
4. Pembersihan
saringan udara
5. Pengecekan
dan penyetelan klep / sistem valve mesin
6. Pembersihan
sistem trottle body dan adaptasi idle/kalibrasi.
7. Penggantian
saringan ac
8. Penggantian
busi
9. Balancing
dan spooring, dan rotasi ban menyilang, dilakukan setiap kelipatan 10000 km
F.
Perawatan
berkala 25000 km
Perawatan 25000
km item yang diperiksa sama dengan perawatan di kilometer 15000 km.
G.
Perawatan
berkala 30000 km
Perawatan 30 km
atau di waktu 18 bualn (1,5 tahun) dari pembelian hampir sama dengan perawatan
di 10000 km, hanya ada penambahan penggantian saringan udara, untuk pengecekan
lainnya hampir sama dengan di 10000 km tetapi perlu diperhatikan pengecekan
sistem-sistem kendaraan dikarenakan kilometer yang ditempuh dari kendaraan
sudah cukup besar, pengecekan detail perlu dilakukan untuk meliaht seacra
visual komponen-komponen mesin yang kurang bagus harus disetel atau dilakukan
penggantian bila tidak sesuai dengan standar.
H.
Perawatan
berkala 35000 km
Perawatan yang
dilakukan sama dengan perawatan kilometer 5000 km sesuai dengan standar
pengecekan dilakukan penggantian oli mesin dan pengecekan 5000 km.
I.
Perawatan
40000 km
Perawatan
40000 km atau mencapai waktu 24 bulan / 2 tahun dan dilakukan sesuai dengan
kelipatannya, yaitu di kilometer 80000 km, 120000km, 160000 km dan seterusnya. dilakukan
pengecekan / servis besar, atau disebut servis besar yang terjadi dilakukan
item servis sebagai berikut:
1. Item
yang sama dengan servis 1000 km
2. Penggantian
oli mesin, oli filter, dan oli transmisi
3. Pengecekan
rem 4 roda dan sistem kerja rem.
4. Pembersihan
saringan udara
5. Pengecekan
dan penyetelan klep / sistem valve mesin
6. Pembersihan
sistem trottle body dan adaptasi idle/kalibrasi.
7. Penggantian
saringan ac
8. Penggantian
busi
9. Penggantian
saringan bensin
10. Spooring
, balancing , dan rotasi ban.
Servis perawatan
berkala tersebut diatas dilanjutkan sesuai dengan kelipatan –kelipatan yang
sesuai, hingga sampai kelipatan tertinggi berapapun kendaraan tersebut laik
jalan, sehingga umur kendaraan menjadi awet dan panjang.
Untuk penggantian sukucadang yang lain yang dilakukan tidak
berdasar kilometer diatas meliputi sbb:
1. Penggantian
drivebelt dan bearingnya dilakukan pada 60000 km.
2. Penggantian
fluida minyak rem pada km 60000 km (kuras minyak rem).
3. Penggantian
pad set rem/ kanvas rem sesuai dengan kondisinya, bila sudah tipis sebaiknya
diganti.
4. Penggantian
air radiator setelah 200000 km atau 5 tahun kemudian diganti setiap kelipatan
40000 km/ 2 tahun.
5. Busi
bila merupakan busi irridium diganti setiap 100000 km.
Perawatan dilakukan sebaik mungkin pada kendaraan sehingga
performanya dapat terpelihara sesuai dengan rekomendasi dari pabrik, dimana
grafik bath up diagram berlaku dalam alat-alat permesinan atau kendaraan, yaitu
cost/ biaya tinggi diawali dengan pembelian, biaya perawatan yang lebih menurun
dari biaya awal, serta sampai di umur kendaraan mencapai batas peek/load max,
yaitu disekitar 5 tahun keatas biaya perbaikan dan perawatan kendaraan tersebut
semakin besar.
PENUTUP
Perawatan
mobil seperti sudah sepantasnya mendapatkan perhatian khusus demi menjaga umur
mesin agar tetap awet dan tahan lama. Karena seperti sebuah ungkapan lebih baik
mencegah daripada mengganti baru yang justru akan lebih mahal tentunya. Disamping
itu, perawatan berkala menjaga agar kendaraan tetap dalam kondisi prima,
sejarah kendaraan tercatat rapi, mampu meningkatkan nilai jual kendaraan
kembali, menghemat pengeluaran uang anda, karena dengan perawatan secara
berkala fungsi dari masing2 komponen akan tetap terpelihara dengan baik dan
anda akan terhindar dari kerusakan yang diakibatkan dari keterkaitan antara
komponen yang satu dengan komponen lainnya dan mobil anda akan memiliki riwayat
pemeliharaan.
Rasa aman dan nyaman setiap anda
berkendara, sehingga kelak tidak menyusahkan saat kendaraan sedang dikendarai ,
mengurangi rasa khawatir akan kondisi kendaraan saat di perjalanan (terutama
saat di luar kota) .
Semoga dengan perawatan mobil secara rutin dalam
menjaga performa mobil dalam keadaan baik bisa menghindarkan serta mengurangi
resiko kecelakaan di jalan raya.
DAFTAR PUSTAKA
http://adhiewienz.blogspot.com/,
teknisi honda jakarta,copyright oktober 2013
1 comments:
Hal ini sangat bermanfaat sekali gan, terimakasih...O iya ijinkan saya berbagi informasi mengenai cara modifikasi mobil Cara dan Gambar Modifikasi Mobil Honda Freed 2016 dan Kelebihannya, semoga bermanfaat...
Post a Comment